Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

15 Manfaat Hebat Spirulina, Superfood untuk Kesehatan dan Kecantikan yang diburu di Olshop

Algae (Spirulina)-Sabun Spirulina-Raletsia Beauty Spirulina Soap
Algae (Spirulina)-Sabun Spirulina-Raletsia Beauty Spirulina Soap

Spirulina (Algae) merupakan tumbuhan Mikro Ganggang yang telah ada kurang lebih sejak 3,6 miliar tahun yang lalu. Spirulina masuk dalam jajaran superfood karena selain mengandung sumber nutrisi alami, Spirulina memiliki kandungan juga manfaat yang paling lengkap untuk kesehatan dibanding sumber nutrisi lainnya. Bahkan namanya kian populer setelah NASA menyebut alga biru-hijau ini dapat dikembangkan di ruang angkasa untuk digunakan oleh astronot.

Kandungan nutrisi dan gizi spirulina

Apa saja yang terkandung pada Spirulina? Vitamin dan mineral lengkap tentunya.
Seperti tiga kandungan utama dalam spirulina, yakni zeaxhantin, beta-karoten dan phycocyanin. Selain itu, spirulina juga banyak mengandung sumber nutrisi lainnya. Diantaranya:

  • Protein
  • Sumber antioksida
    Air
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin: Vitamin B (B1, B3, B12), Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E,
  • Mineral: kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, fosfor, selenium, zinc dan mangan
    Asam folat dan asam pantotenat
  • Gamma Linoleic Acid (asam lemak yang biasa ditemukan dalam ASI.

Tumbuhan ini juga termasuk satu-satunya yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap: B1, B2, B3, B6, dan B12.
Setiap 10 g spirulina mengandung vitamin B1 (thiamin) 0,31 mg, B2 (riboflavin) 0,35 mg, B3 (niacin) 1,46 mg, B6 (pyridoxine) 80 mcg, dan B12 (cobalamine) 32 mcg

Khasiat dan manfaat spirulina yang luar biasa untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai khasiat pirulina untuk kesehatan yang telah melalui berbagai uji klinis, yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

1. Antioksidan yang kuat

Manfaat dari spirulina yang satu ini mampu melindungintubuh dari radikal bebas dan memiliki fek antiperadangan bagi DNA dan sel tubuh yangh mengalami keruksakan oksidatif. Ganggang biru alami ini juga mampu mengurangi gejala peradangan yang; terjadi pada saluran udara di hidung atau rhinitis.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Menurut sebuah studi yang memberikan 1 gr spirulina perhari pada sekelompok orang berkolesterol tinggi, spirulina telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat sekaligus menaikan kolesterol baik didalam darah.

Selain itu, spirulina mamu penjaga agar kolesterol LDL didalam darah tidak teroksidasi sehingga mampu menurunkan resiko terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Akan tetapi, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan, penurunana kolesterool dan LDL ini tidak terjadi pada pnderita dengan obesitas.

3. Menurunkan tekanan darah

Dengan mengonsumsi spirulina sebanyak 4,5 gr perhari juga telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah akibat meningkatnya produksi nitrit oksida yang membuat pembuluh darah melebar dan lebih rileks.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah penelitian telah menunjukkan, bahwasannya spirulina mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya pembengkakan infeksi virus. Nutrisi yang terdapat dalam spirulina berupa phycocyanin adalah antioksidan kuat yang mampu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Dan penting untuk anda ketahui, bahwasannya sel darah putih sendiri memiliki peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh lantaran mampu menghasikan antibody yang dapat melindungi tubuh anda dari serangan bakteri.

5. Meningkatkan fungsi dan kesehatan otak

Sebuah studi telah menunjuka bahwasannya spirulina benar-benar dapat meningkatkan kemapuan kognitif dan kesehatan mental. Tanaman ganggang hijau ini juga telah terbukti dalam mencegah hilangnya memori dengan mengurangi keruksakan oksidatif. Selain itu, dengan mengonsumsi spirulina setiap hari juga dipercaya mampu melindungi otak dari penyakit degeneratif. Seperti halnya alzheimer dan juga parkinson.

6. Mencegah kanker

Sejumlah penelitian terkait spirulina pada hewan juga telah dilakukan di University of Maryland Medical Center. Dan hasilnya mengejutkan. Spirulina di ketahui mampu meningkatkan produksi antibodi, potein penangkal infeksi, dan sel lain yang mampu meningkatan kekebalan tubuh dalam menangkal infeksi dan penyakit kronis seperti kanker.

Bahkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan April lalu, para imuwan Republik Ceko menunjukkan, bahwa selain kemampuannya untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, spirulina juga kaya akan senyawa tetrapirrolika yang terkait erat dengan molekul bilurubin, antioksidan kuat dan agen anti-proliferatif.

Dan pada saat diuji pada sel pankreas manusia, para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan sel yang tidak diobati, terapi eksperimental secara signifikan mengurangi proliferasi sel kanker pankreaas manusia secara in vitro dengan cara bergantung pada dosis. Dan ininya, ini membuktikan bahwa mengonumsi spirulina tampaknya memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan pengobatan kanker alami.

7. Mengurangi resiko stroke

Dalam beberapa studi lainnya, para peneliti juga menemukan bahwasannya suplementasi spirulina mampu menurunkan permukaan aorta intimal sebesar 33% menjadi 48%. Dan hal ini menunjukkan bahwa tanaman ini mampu mencegah aterosklerosis dan stroke.

Dan yang perlu anda ingat, bahwasnnya percobaan klinis ini masih dilakukan sebatas pada hewan. Namun hasil yang paling disoroti dari penelitian tersebut adalah bahwa dengan mengonsumsi spirulina secara teratuur, mampu mengembalikan keruksakan yang sebenarnya dilakukan akibat pola hidup yang buruk.

8. Meningkatkan energi

Apabila anda melihat komposisi kimia spirulina, maka tak heran jika orang yang rutin menngonsumsinya yang memiliki banyak energi. Dr. Mehmet Oz merkomendasikan untuk memasukan 1 sendok teh bubuk spirulina dengan 12 ons jus. jeruk nipis dan membekukan campuran tersebut dalam nampan es. Menurutnya, perpaduan keduanya mapu meningkatkan energi, dengan membuka gula dari sel tubuh kita.

9. Mengurangi gejala sinusitis

Manfaat dari Spirulina bagi tubuh huga dikenal mampu mengurangi peradangan termasuk dalam masalah sinus. Bahkan dibandingkan plasebo, spirulina dianggap lebih efektif dalam mengurangi gatal, pmbengkakan hidung, hidung tersumbat dan bersin.

10. Mencegah anemia

Dalam suatau penelitian yang dilakukan pada 40 orang lanjut usia, yang seblumnya atau saat ini tengah mengalami anemia. Dan hasilnya membuktikan bahwasannya hasil suplementasi spirulina mampu meningkatkan kadar hemoglobin sel darah merah. Akan tetapi, penelitian yang lebih lanjut perlu dilakukan untuk mendukung penemuan ini.

11. Meringankan gejala premenstrual syndrome (PMS)

Meurut beberapa ahli, spirulina juga memiliki manfaat dan mangurangi gejala PMS. Adapun gejala yang dimaksud diantaranya seperti kelelahan, kram, kembung dan khususnya perubahan suasana hati.

12. Menjaga kesehatan tulang

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya didalam spirulina juga terkandung kadar kalsium yang cukup tinggi. Bahkanan beberapa mengklaim bahwa spirulina mampu digunakan sebagai pengganti susu atau produk susu lainnya.

13. Meningkatkan pencernaan dan fungsi usus

Spirulina juga diketahui mampu menekan bakteri jahat seperti e-coli dan candida ragi serta merangsang flora yang bermanfaat seperti lactobacillus dan bifidobacteria. Flora sehat ini adalah dasar dari kesehatan yang baik dan mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan dan dapat membantu melindungi terhadap infeksi. Spirulina juga mampu membantu asimilasi dan eliminasi serta menghilangkan sembelit.

14. Menambah berat badan

Kandungan protein didalam spirulina yang dianggap lebih baik dari pada protein hewani seperti pada daging dan susu. Dan hal tersebut beberapa peneliti menganggap bahwa spirulina mampu membantu anda dalam menambah dan menjaga berat badan ideal. Selain kandungan lainnya pun bertugas untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam makanan.

15. Detoksifikasi tubuh

Kandungan fitonutrien termasuk klorofil, phycocyanin dan polisakarida yang terdapat didalam spirulina dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kegunaan spirulina sebagai obat herbal untuk kesehatan diantaranya untuk liver, mengurangi gejala alergi, mengurangi efek kemoterapi, mencegah rambut rontok, ibu hamil dan menyusui, sakit maag atau asam lambung, rahim, kesuburan dan miom.

Bahkan selain untuk kesehatan, spirulina juga dikenal sangat baik untuk meningkatkan kecantikan kulit. Tak jarang esktra spirulina juga sering di gunakan sebagai masker wajah alami, terutama untuk menghilangkan jerawat.

Salah satu yang lagi ngehits adalah spirulina atau ganggang hijau berwarna biru yang tumbuh di air tawar, salah satunya adalah Neo Healthy Spirulina.
AGAR AMAN, PASTIKAN BELI YANG ASLI!

NeoHealthy Kapsul Masker Spirulina-Raletsia
NeoHealthy Kapsul – Klik gambar untuk Pemesanan

Khasiat :
Membantu memelihara kesehatan dan Untuk Kecantikan
Tiap kapsul mengandung 400mg Spirulina 100%

Sadari pentingnya kesehatan! Yuk, jaga kesehatanmu sejak dini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *