Hati-Hati! Inilah 10 Cara Cuci Muka Yang Salah dan Bikin Jerawatan

10 Cara Cuci Muka Yang Salah dan Bikin Jerawatan Menurut Dokter

Membersihkan wajah atau cuci muka sudah menjadi rutinitas dan ritual Anda setiap hari. Terlebih jika sering melakukan kegiatan di luar ruangan yang penuh dengan debu dan polusi. Dan Sayangnya, tetap saja banyak dari kita masih salah cara cuci muka. Ya, Anda mungkin tak tahu, tapi mencuci muka jika dilakukan sembarangan justru malah berpotensi merusak kulit dan malah bikin jerawatan.

Apakah cara mencuci muka Anda sudah benar?
Inilah 10 Cara Cuci Muka Yang Salah dan Bikin Jerawatan yang paling umum dilakukan saat mencuci muka.

1. Terlalu sering mencuci muka
Cuci muka berkali-kali dapat membuat wajah menjadi lebih bersih? Salah.
Jika Anda terbiasa mencuci muka lebih dari dua kali sehari, Anda akan kehilangan terlalu banyak minyak alami dan akhirnya iritasi. Wajah Anda butuh istirahat dari berbagai produk kecantikan. Semakin sering Anda mencuci muka justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih (sebum). Batasi ritual cuci muka cukup 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Jika Anda hanya beraktivitas dalam ruangan, tidak memakai makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak, cukup bilas muka dengan air hangat di malam hari.

Apakah ini berarti Anda boleh bolos cuci muka di pagi hari? Tentu tidak. Ketika Anda tidur, kulit wajah Anda melakukan ritual pembersihan diri, mendorong limbah dan kotoran sisa keluar melalui kelenjar keringat dan pori-pori. Tetap ada residu sampah yang tersisa pada kulit Anda di pagi hari. Jadi ya, Anda harus mencuci muka dua kali sehari.

2. Tidak Pertimbangkan suhu air
Beberapa orang percaya bahwa air panas membuat pori-pori terbuka dan air dingin membuat lubang pori-pori mengecil. Ternyata hal itu tidak benar karena pori-pori tidak memiliki otot sehingga tidak dapat membuka atau menutup.

Bagi Anda yang kerap mencuci muka dengan air panas, ternyata cara itu malah membuat kulit Anda lebih kering. Pasalnya air panas dapat meluruhkan minyak pelindung kulit. Pastikan bahwa air tidak terlalu panas, cukup air yang hangat.

3. Penggunaan handuk
Gunakan handuk yang bersih dan lembut pada wajah Anda. Jangan mengeringkan wajah dengan cara menggosok. Terlalu banyak tarikan dan gesekan akan memengaruhi elastisitas kulit Anda. Lakukan pengeringan dengan cara menepuk wajah Anda dengan lembut sampai wajah benar-benar kering.

4. Menggunakan pelembap saat kulit sudah telanjur kering
Jangan menunggu kulit Anda kering untuk memakai pelembap. Lakukan saat kulit masih basah. Pasalnya dengan cara ini pelembap akan menyerap dengan sempurna ke kulit. Pelembap yang tidak menyerap akan meninggalkan residu pada kulit sehingga menyebabkan masalah lainnya. Selalu pijat dalam gerakan ke atas untuk menghindari kulit tertarik.

Hal yang sama berlaku untuk serum dan produk perawatan wajah lainnya. Menunggu sampai kulit Anda benar-benar kering akan membuat bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam produk menjadi lebih sulit terserap dengan baik dan membuat kulit terasa lengket dan berminyak.

5. Sembarangan pilih produk
Jangan asal comot pembersih muka hanya dengan alasan rekomendasi teman atau tergoda iklan di televisi. Entah itu flek hitam, jerawat membandel, atau minyak berlebih, kita semua memiliki keluhan masing-masing seputar kulit. Kenali jenis kulit wajah Anda dan apa masalah utama yang Anda hadapi, supaya Anda tahu produk pembersih seperti apa yang tepat untuk Anda.
Pilih pembersih wajah lainnya yang bisa membersihkan secara menyeluruh tapi tidak meninggalkan masalah pada wajah. Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah dari Raletsia yang aman untuk semua jenis kulit pria dan wanita, yaitu Beauty Spirulina Soap atau Neo WaletPremium Facial Soap.

6. Membilas terburu-buru
Sama halnya dengan mandi kilat yang tidak membuat Anda merasa bersih dan segar, terlalu terburu-buru mencuci muka juga tidak efektif dalam menyingkirkan kotoran dan minyak. Untuk mendapatkan kulit wajah yang selalu terlihat prima, luangkan waktu setidaknya dua menit untuk mencuci muka. Konsentrasikan pijatan di daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak.

Tip: Jika Anda menggunakan milk cleanser, usapkan cleanser perlahan dengan gerakan melingkar ke atas pada seluruh wajah dalam keadaan kering. Lakukan setidaknya selama tiga puluh detik agar pembersih dapat memecah minyak dan sisa makeup. Setelahnya, ambil cleanser sekali lagi dan ulangi pijatan. Tahap cleanser kedua akan membantu melarutkan segala residu yang tertinggal pada tahap pertama. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih.

7. Kebiasaan menggosok wajah
Apapun jenis kulit Anda, penting untuk berhati-hati ketika mengaplikasikan pembersih, masker, atau exfoliant. Jangan menggosok pembersih terlalu kencang sehingga kulit tertarik. Jangan pula menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan muka. Kedua hal ini akan mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih.

Tip: bedakan handuk khusus wajah dengan handuk mandi, apalagi dengan milik orang lain. Handuk adalah tempat utama bakteri berkembang biak.

8. Hanya mengandalkan produk mahal
Tergiur dangan harga Mahal? Mahal belum tentu lebih baik. Daripada menghabiskan banyak uang untuk berburu produk pembersih wajah branded yang belum pasti cocok untuk mengatasi masalah kulit Anda, lebih baik gunakan pembersih sederhana berbahan alami dan investasikan uang Anda untuk produk kecantikan yang akan memberikan manfaat jangka panjang untuk wajah Anda, seperti serum vitamin dan moisturizer. Salah satu pelembab yang aman adalah Alpha Whitening Cream dan Spirulina Body Serum.

Baca juga:
Alpha Whitening Cream
Spirulina Body Serum Instant Glow.

9. Produk berbahan kimia berbahaya
Pelajari komposisi yang terkandung dalam produk pembersih Anda. Hindari bahan kosmetik berbahaya, seperti paraben, pengharum, dan pewarna. Hindari pula sodium lauril sulfat (SLS), deterjen berkonsentrasi tinggi yang biasa digunakan untuk pembersih kotoran mesin, pembersih lantai, dan shampo mobil. SLS adalah faktor risiko umum terjadinya reaksi alergi dan iritasi pada kulit wajah.
Tips Produk kecantikan berbahan dasar herbal alami dab bebas bahan kimia berbahaya bisa Anda peroleh pada rangakian produk Raletsia, klik disini untuk menampilkan seluruh produk Raletsia

10. Banyak tak berarti hasilnya lebih baik
Tak perlu punya banyak produk perawatan wajah. Anda cukup memilih beberapa yang Anda butuhkan dan sesuai dengan kulit Anda. Pilihlah produk yang merawat secara efektif.

Dirangkum dari berbagai sumber, itulah 10 Cara Cuci Muka Yang Salah dan Bikin Jerawatan yang paling umum dilakukan saat mencuci muka. Semoga bermanfaat  pada saat proses mencuci muka Anda. Sehingga hasilnya, kulit Anda pun akan tampak lebih sehat dan cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *